Laman

Kamis, 18 Juli 2024

Hasil Kebun Menambah Penghasilan


Tinggal di rumah dengan halaman cukup luas memang mendapatkan keuntungan. Di sekitar rumah ada pohon salam, jeruk purut, sereh, sukun, pisang, dan lain-lain.


Dulu saya pernah posting tentang penghasilan tak terduga dari daun jeruk purut. Kali ini saya akan menulis tentang pohon pisang membawa berkah. Ada beberapa batang pohon pisang, pisang susu dan pisang raja pesta.


Bibit pisang susu yang ada di halaman samping rumah adalah pemberian saudara. Alhamdulillah, dari satu pohon beranak pinak dan saya sudah memanen hasilnya beberapa kali. 


Pisang susu ini buahnya kecil, kulit buah tipis, daging buah warna kuning tajam, rasanya manis, dan teksturnya tidak lembut. Makan satu buah pisang susu tentu saja belum kenyang. Namun, karena ukurannya kecil, untuk jamuan pisang susu ini sangat cocok.


Bila daun jeruk purut saja bisa jadi cuan, maka saya tak menyia-nyiakan hasil panen kali ini. Pisang tersebut sebagian saya titipkan pada mbak sayur. Saya tidak mematok harga. Saya percaya saja.


Ternyata pagi sebelumnya sudah ada pelanggan yang mencari pisang susu. Semoga menjadi rezeki saya dan keluarga. Amin.


Saya jadi ingat, dulu saya pernah menambah penghasilan dari bercocok tanam. Semoga penjualan pisang ini menjadi jalan untuk menjual hasil kebun lainnya. Amin.


00000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar